Menyajikan Informasi dan Inspirasi


  • News

    Saturday, February 13, 2016

    Kisah Penulis Pipiet Senja: Perjuangan Hidupmu adalah Inspirasi Kami

    “Kutatap terus rombongan kereta jenazah itu hingga lenyap dari pandangan. Seketika ada yang merayapi relung-relung kalbuku, Suatu saat, dirikulah yang berada di balik keranda itu, pikirku. Siapa yang akan mengantar kereta jenazahku?”
    Kemarin siang, kompasianer senior Pipiet Senja menangis di halaman profilku, terenyuh melihat foto-foto postinganku sebelum ini, Ingin Korupsi? Lihat yang Ini Dulu !!!. Sekarang giliran aku yang terharu sekaligus tergugah setelah mendengar penuturannya di sebuah majalah wanita yang dibeli istriku Ahad lalu (17/01/2009). Majalah Alia edisi Januari 2010

    Pipiet Senja mengisahkan saat memulai tulisannya, ia tengah berada dalam kondisi tidak sehat. Penyakit kronis thalasemia yang dideritanya sejak lahir memberi dampak luar biasa dalam sejarah kehidupannya. Apalagi ia ditransfusi darah sejak tahun 1969 hingga sekarang, termasuk bagian kandung empedunya. Sejak sepulang dari rawat inap sekitar bulan Maret 2009, ia mulai menekadkan diri untuk laparaskopi, sebuah prosedur pemeriksaan dengan memasukkan teropong kecil ke dalam rongga perut. Dengan biaya sekitar Rp 60 juta, sebuah nilai yang tidak sanggup ditanggungnya.

    Baca juga: Kini Barbie Berhijab
     Anaknya yang bernama Haekal mengusulkan agar menjual rumahnya yang berada di Cimahi, namun belum laku juga meski sudah pasang iklan di blog mereka. Selama berpuluh tahun berobat di rumah sakit, tak jarang ia dilakukan semena-mena. Mulai dari dibentak petugas, dicuekin dokter, sampai ditaruh di koridor UGD saat menjalani transfusi darah. Ketika sampai di UGD, bukannya segera diberi pertolongan malah ditanya, “Ini jaminannya apa?” bahkan tidak jarang petugas berdalih, “Tak ada tempat, lagi penuh, pindah saja ke rumah sakit lain!”. Hingga suatu saat, ia diterima kembali untuk dirawat di RS Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur. Namun masih ada beban juga rupanya, akhirnya saat pulang menebus obat di apotik, bertanyalah ia pada Butet, putrinya, “Nak, ada berapa lagi isi ATM-nya?”. “

    Masih ada, Ma…dikiiit!” jawab Butet.
    Saat itulah seorang kawan bernama Elly Lubis memberi jalan, menjadi penghubung dengan seorang dokter bernama Imam. Esoknya, Butet melangkah mendatangi alamat kantor yayasan sosial tempat dokter itu berada.
     “Mereka bersedia meng-cover semua dana operasinya, Ma.”
    “Alhamdulillah” ucap Pipiet Senja. Tinggal mencari jalan bagaimana supaya biaya sehari-hari terpenuhi dan menebus pinjaman kantor yang mulai menumpuk. Harus dicarikan solusi, tekadnya. Darah Menetes di Laptop Selama dua minggu dirawat di RS Polri, Pipiet Senja berusaha menulis dan terus menulis untuk menyelesaikan dua novel anak-anak. Meskipun harus menahan rasa sakit pada urat nadinya yang ditempeli jarum abocat dikarenakan kerasnya memencet keyboard.
    Tanpa sadar, tahu-tahu darah sudah merembes dari jarum yang tergeser-geser, hingga membasahi seprei. Omelan Butet dan para perawat tidak digubrisnya demi mengejar tekadnya.

     Esoknya, ia dikonsulkan ke poliklinik bedah sambil membawa USG perut yang terbaru. Ternyata poli bedah sudah banyak pasiennya dengan segala keluh kesahnya. Ada yang tidak berdaya menanggung biaya, penyakit bawaan yang tak kunjung sembuh, dan sebagainya. Dari sanalah ia mendapat inspirasi dan semangat hidup. Spesialis Urologi dan Bedah rumah sakit itu seorang perwira menengah polisi. Melihat catatan status penyakitnya, dokter itu menyarankan agar dilakukan bedah umum laparatomi di RSCM yang alatnya sudah canggih. Sejak itu di penghujung bulan Juli 2009, ia berobat ke RSCM Jakarta Pusat, ditemani putrinya. Kembali mereka mendapat perlakuan yang kurang mengenakkan. Sampai Butet menangis di depan petugas loket, sedangkan ia tergeletak di bangku ruang tunggu poliklinik Jantung selama satu jam sambil menahan rasa sakit yang tiada berujung. Tak ubahnya seorang gelandangan, pikirnya. Sampai pukul empat sore, Butet muncul dengan seorang petugas yang membawa kursi roda. Seketika ia berucap, “Sueeeer Mom! Beneran, gak enak banget jadi orang miskin! Banyak dihina, dilecehkan, dan…ya Allahu Rabb!”.
    Operasi di Bulan Ramadhan
    Setelah dua hari dirawat, rumah sakit baru memberi transfusi, sebuah tindakan yang sangat telat. Tidak cuma itu, ia divonis harus angkat limpa, karena sudah membesar. Dokter memutuskan untuk melakukan dua tindakan sekaligus, operasi pengangkatan limpa dan kandung empedu. Kabar itu tentu sangat mengejutkan mereka. Selama menunggu masa operasi tersebut, mereka pulang ke rumah. Ia banyak melakukan salat istikharah, mempergiat ibadah malam, dan menjalin silaturahim. Tak lupa ia juga memperbanyak sedekah. Selain memenuhi biaya sehari-hari dan biaya pengobatan, ia juga harus memenuhi kebutuhan emaknya di Cimahi, ketiga anak asuhnya, dan adik-adik yang sering minta bantuannya. Jika memakai hitung-hitungan matematis, mustahil ia sanggup memenuhi kebutuhan-kebutuhan itu hanya dengan mengandalkan uang bulanan dari kantor, royalti dan honorarium sebagai pembicara. Namun ia senantiasa berpegang teguh pada prinsip, setiap sen yang ia keluarkan untuk sedekah tidaklah menjadi sia-sia, sebaliknya akan berlipat ganda balasan dan pahalanya. Selain itu, Pipiet Senja telah membuktikan keajaiban-keajaiban yang diberikan Allah sepanjang hidupnya. Beberapa kali masuk ICCU, ruang isolasi, dinyatakan coma, sebanyak itu pula Allah meloloskan dirinya dari lubang maut, dan terus berkarya memberi manfaat pada orang lain. Akhirnya jadwal operasi diperoleh dari dokter bedah Memet dari poli Bedah, yakni 10 September 2009. Tanggal itu bertepatan dengan bulan Ramadhan 1430 hijriyah, tepatnya sepuluh hari sebelum hari raya Idul Fitri. Saat itu pula ujian datang dari siapa lagi kalau bukan pelayanan rumah sakit. “Ini benar-benar ujian puasa buat Butet, Ma. Haus, lapar, dibentak-bentak suster pula. Pokonya terhina banget!”. Ujar putrinya itu.

     Lalu, sekitar jam sembilan malam, Butet duduk di lantai kamar, pelan-pelan membuka makanan yang dibelinya dan belum sempat disantap. Meleleh sudah hati ibunya melihat keletihannya. Sepanjang hari itu ia harus ujian, mengerjakan tugas kuliahnya pun di jalanan, dan bolak-balik menanyakan kamar rumah sakit, apakah ada yang masih kosong.

    “Maafkan Mama ya Nak, maafkan Mama,” suara parau Pipiet Senja tercekat di tenggorokan. “Mama, jangan pernah minta maaf lagi sama Butet, ya, pliiiis, pliiiiis….” sambil memeluk ibunya erat-erat, kemudian mencium pipi-pipinya dengan penuh sayang. Setengah berbisik, penulis besar itu berujar, “Aku ingin menangis sesenggukan. Bukan tangis duka lara melainkan tangis terharu, tangis bahagia. Betapa ingin kuserukan namanya, agar semua orang, seluruh penghuni ruangan yang bagaikan neraka dunia ini mengetahui bahwa aku memiliki seorang anak perempuan!”
    Disarikan dari majalah Alia Pesona Muslimah, No. 07 Tahun VII Muharam – Shafar 1431 H / Januari 2010.

    sumber:kompasiana.com

    Artikel Terkait
    Buya Hamka,Ulama Multi Talent
    Kang Abik, Penulis Pembangun Jiwa 
    Logika Industri Sastra Islami 
    Souvenir Fiksi Islami

    No comments:

    Post a Comment