Menyajikan Informasi dan Inspirasi


  • News

    Thursday, August 15, 2019

    Canda Rasulullah Bersama Anak Kecil

    Bercanda itu diperbolehkan dalam Islam, bahkan perlu. Sebab bercanda ibarat garam bagi masakan. Tanpa garam, masakan akan menjadi hambar. Meskipun tidak dianjurkan juga terlalu banyak bercanda. Sebab percandaan yang berlebihan bisa berakhir pada pertengkaran. Perkara terbaik adalah pertengahan.

    Bercanda dapat merekatkan hubungan sosial sehingga akan tercipta hubungan yang harmonis dan saling mencintai antar sesama.

    Rasulullah SAW adalah orang yang paling tahu kadar bercanda yang tepat, baik dengan istri maupun para sahabat beliau. Tak terkecuali dengan anak kecil.

    Mahmud bin Ar Rabi’ mengatakan, “Aku masih ingat ketika aku berumur lima tahun, Nabi yang mulia berkumur dan kemudian menyemburkan airnya ke wajahku.”[1] (HR. Bukhari dan Muslim)

    Kenangan indah yang dituturkan oleh sahabat mulia saat ia berumur lima tahun itu sungguh menakjubkan. Kenangan indah hidup bersama manusia paling mulia. Kisah itu bukan hanya menjadi ingatan, bahkan menjadi kebanggaan yang diceritakan oleh Mahmud bin Ar Rabi’ kepada orang lain.

    Rasulullah SAW pun tak segan untuk melakukan itu, meskipun beliau adalah seorang rasul sekaligus pemimpin negara.

    ___

    [1]
    Shahih Bukhari nomor 75:

    حَدَّثَنِي مُحَمَّدُ بْنُ يُوسُفَ قَالَ حَدَّثَنَا أَبُو مُسْهِرٍ قَالَ حَدَّثَنِي مُحَمَّدُ بْنُ حَرْبٍ حَدَّثَنِي الزُّبَيْدِيُّ عَنْ الزُّهْرِيِّ عَنْ مَحْمُودِ بْنِ الرَّبِيعِ قَالَ عَقَلْتُ مِنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَجَّةً مَجَّهَا فِي وَجْهِي وَأَنَا ابْنُ خَمْسِ سِنِينَ مِنْ دَلْوٍ

    75. Telah menceritakan kepadaku [Muhammad bin Yusuf] berkata, Telah menceritakan kepada kami [Abu Mushir] berkata, Telah menceritakan kepadaku [Muhammad bin Harb] Telah menceritakan kepadaku [Az Zubaidi] dari [Az Zuhri] dari [Mahmud bin Ar Rabbi’] berkata: “Aku mengingat dari Nabi, saat Beliau menyemburkan air dari ember ke wajahku, saat itu aku baru berumur lima tahun”.

    Shahih Muslim nomor 1052:

    حَدَّثَنَا إِسْحَقُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ أَخْبَرَنَا الْوَلِيدُ بْنُ مُسْلِمٍ عَنْ الْأَوْزَاعِيِّ قَالَ حَدَّثَنِي الزُّهْرِيُّ عَنْ مَحْمُودِ بْنِ الرَّبِيعِ قَالَ إِنِّي لَأَعْقِلُ مَجَّةً مَجَّهَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِنْ دَلْوٍ فِي دَارِنَا

    1052. Telah menceritakan kepada kami [Ishaq bin Ibrahim] telah mengabarkan kepada kami [Al Walid bin Muslim] dari [Auza’i], katanya; telah menceritakan kepadaku [Az Zuhri] dari [Mahmud bin Rabi’] katanya; aku masih teringat semprotan yang dilakukan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dari suatu ember milik kampungku.”

    No comments:

    Post a Comment