Menyajikan Informasi dan Inspirasi


  • News

    Wednesday, March 6, 2019

    Bagaimana Supaya Shalat Kita Khusyu'


    Assalamu alaikum. Ustadz, mau tanya bagaimana tipsnya supaya bisa shalat khusyuk. terimakasih
    Seiring dengan banyaknya kesibukan duniawi, khusyu’ dalam shalat menjadi sesuatu yang amat sulit dicapai. Padahal shalat adalah induknya seluruh ibadah, yang bila ia baik maka baiklah ibadah-ibadah lainnya. Namun bila ia rusak karena tidak khusyu’ umpamanya, maka ibadah-ibadah lainnya akan terpengaruh. Berikut ini adalah tips sederhana yang insya Allah dapat membantu anda untuk khusyu’ dalam shalat. Akan tetapi kuncinya ialah konsentrasi, konsentrasi, dan konsentrasi. Tips ini takkan berguna jika sedari awal anda tidak konsentrasi pada shalat.
    Karenanya, usahakan agar sebelum shalat anda dalam kondisi tenang. Lebih baik jika Anda telah berada di mesjid atau mushalla sebelum adzan berkumandang, agar memiliki waktu luang untuk konsentrasi dan menenangkan pikiran.
    Kita perlu menghadirkan makna dari setiap gerakan sholat kita. Oleh karena itu, ketika kita melakukan setiap gerakan, kita meresapinya dengan segenap penghayatan.
    Pertama, ketika kita melepas alas kaki menuju masjid, itu artinya kita hendaknya melepaskan  dunia beserta alas kaki kita yang diletakan di luar masjid.
    Kedua, ketika mengucapkan Allahu akbar, kita meyakini tidak ada yang lebih Besar dari Allah Subhanahu wata'ala sehingga kita meyakini sedang Menghadap kepada Allah yang Maha Besar.
    Ketiga, mengangkat kedua tangan kita umpamakan lemparkan segala urusan dunia ke belakang.
    Keempat, Ketika kita sedang berdiri, maka sejatinya kita sedang berdiri menghadap Allah Subhanahu wata'ala. Apa yang akan kita lakukan ketika menghadap presiden atau pejabat secara langsung? Tentu kita akan hormat. Apalagi ini, kita sedang menghadap Allah Subhanahu wata'ala penguasa alam raya.
    Kelima, ketika kita sedang membaca alfatihah, maka renungilah hadits tentang jawaban Allah Subhanahu wata'ala kepada orang yang membaca alfatihah dalam shalatnya.
    Abu Hurairah meriwayatkan dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bahwa Allah mengatakan: Aku membagi shalat untuk-Ku dan hamba-Ku dalam dua bagian, dan hamba-Ku akan mendapat apa yang dimintanya. Jika hamba-Ku mengucapkan: Alhamdulillahi rabbil ‘alamien (segala puji bagi Allah penguasa jagat raya), Ku-jawab: “hamidani ‘abdi” (hamba-Ku memuji-Ku).
    Jika hamba-Ku megatakan: “Arrahmanirrahim” (Yang Maha pengasih lagi penyayang), Ku-jawab: “Atsna ‘alayya ‘abdi” (hamba-Ku memujiku lagi).
    Jika hamba-Ku mengatakan: “Maaliki yaumiddien” (Penguasa di hari pembalasan), Ku-jawab: “Majjadani ‘abdi” (hamba-Ku menyanjung-Ku).
    Jika hamba-Ku mengatakan: “Iyyaka na’budu wa iyyaaka nasta’ien” (hanya kepada-Mu kami menyembah, dan hanya kepada-Mu kami meminta tolong). Ku-jawab: Inilah batas antara Aku dan hamba-Ku, dan baginya apa yang dia minta…
    Jika hamba-Ku mengatakan: “Ihdinassiraatal mustaqiem… dst” (tunjukkanlah kami jalan yang lurus, yaitu jalannya orang-orang yang telah Engkau beri nikmat. Bukan jalan orang-orang yang Kau murkai dan bukan jalan orang-orang yang sesat), Ku-jawab: Inilah bagian hamba-Ku, dan baginya apa yang dia minta (HR. Muslim).
    Mulai sekarang, biasakan tiap kali membaca Al Fatihah bersikaplah seakan Anda mendengar jawaban Allah pada tiap ayatnya.
    Kemudian keenam, ketika Ruku’: Bungkukkan punggung Anda untuk Allah saja, dan tundukkan hati Anda bersamanya.
    Keujuh, Sujud: letakkan bagian tubuh Anda yang paling terhormat –yaitu wajah- pada tempat yang paling rendah di bumi –yaitu tanah-. Ingatlah bahwa Anda berasal dari tanah dan Anda akan kembali ke sana. Lalu katakan “Subhaana Rabbiyal a’la” (Maha Suci Rabb-ku yang Maha Tinggi) sebanyak tiga kali sehingga makna tersebut semakin meresap dalam hati.
    Lakukan setiap gerakan dan bacaan dengan penghayatan. Oleh karena itulah, kunci untuk selalu khusyu adalah dengan memahami bacaan shalat Anda. Berusahalah untuk memahami arti dari setiap bacaan shalat kita untuk menambah kekhusyuan.

    No comments:

    Post a Comment