Menyajikan Informasi dan Inspirasi


  • News

    Wednesday, March 1, 2017

    Bersikap Adil

    Masih jelas di kepala saya, satu malam di Baranangsiang, saya dan Ustadz Fatih Karim terjebak macet di dalam angkutan umum 03 tujuan Merdeka, itu 15 tahun yang lalu

    Sepanjang perjalanan, Ustadz Fatih Karim yang lebih akrab saya panggil Kang Ari, sibuk menjawab pertanyaan saya bertubi-tubi, tentang tokoh liberal dan pandangan mereka

    Bagi saya, tak ada retorika yang lebih baik dari Fatih Karim, pisau analisisnya tajam, menyebabkan lawan diskusi tak berkutik bila sudah berhadapan dengan beliau, top pokoknya

    Fatih Karim jelas idola anak dakwah kampus, muda, cerdas, dan pengusaha. Menyimak caranya mematahkan argumen liberalis sudah setara menonton film Jacky Chan

    Setelah pertanyaan dan keraguan saya tentang cara menangkis pemikiran liberal terjawab, Fatih Karim giliran bertanya pada saya, "Lix, gimana kalau besok saya jadi liberalis?"

    Spontan saya jawab dengan mantap, "Antum bakal nyesel, karena antum berarti jadi lawan saya". Fatih Karim lalu tertawa, ada rasa kepuasan saat mendengar jawaban saya

    Sedari dulu, dari awal Fatih Karim menempa saya dengan Islam, beliau menekankan selalu bahwa yang utama adalah pemikiran, bukan orang, idenya bukan personnya

    Beliau berkali-kali menekankan jangan menjadikan manusia sebagai tumpuan secara berlebihan, satu saat bila dia berubah, kita bakal kecewa atau meninggalkan dakwah

    Saat itu patron saya adalah Fatih Karim, mulai dari gaya bicara, sampai sistematika cara penyampaianm copy-paste, tapi tetap beliau berpesan, bukan orang tapi pemikiran

    Itu yang dibiasakan pada saya, sampai saat ini, betapapun saya mengidolakan dan kagum pada seseorang, itu tak lebih karena idenya, karena apa yang dia pegang, yakni Islam

    Dengan itu, kita tidak kehilangan daya kritis, tapi tetap khidmat pada orang yang kita kagumi, sebab manusia pasti ada salahnya, sedang konsep Islam itu dijamin sempurna oleh Allah

    Tulisan ini adalah pendahuluan dari bahasan-bahasan berikutnya, agar kita adil dalam melihat satu peristiwa. Tidak berlebih-lebihan dan serampangan dalam menyikapi sesuatu

    Mudah-mudahan Allah beri kesempatan untuk merampungkan beberapa tulisan berikutnya, tentang adil dalam bersikap, dan bijak dalam beramal, serta teguh pada kebenaran

    OLEH: FEILX SIAUW

    No comments:

    Post a Comment